Syrian Hamster (Golden Hamster)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Salam Terbang.Postingan saya ini, sebelumnya saya akan memperkenalkan syrian hamster saya, ya yang di atas itu saya beri nama “Persie”.
lebih lengkap lagi mari baca postingan ini.

Hamster syrian mungkin hamster paling populer untuk di pelihara, warna dan corak bulu mereka yang indah dengan karakter yang menawan  membuat sebagian orang menjadikan mereka hewan peliharaan. Hamster syrian berasal dari Timur Tengah terutama Israel dan Syria. Mereka ditemukan oleh Professor Aharoni pada tahun 1930 di Aleppo.

Hamster Syrian pada umumnya memiliki panjang sekitar 13cm meskipun terkadang terlihat lebih panjang. Syrian betina terlihat lebih besar di banding syrian jantan, mereka adalah hewan kekar yang bermata bulat dan besar, telinganya berbentuk seperti tulip dan berekor pendek. Hamster syrian di kenal sebagai “Hamster Emas”. Warna asli dari tubuh syrian hamster berwarna cokelat keemasan dengan di lingkari warna putih di bagian perut. Mereka memiliki pipi berkantong yang dapat membawa sejumlah makanan untuk di timbun kembali di dalam liang. Di alam maupun di kandang mereka memiliki sifat teritorial dan akan menyerang hamster lain yang berusaha masuk ke daerah mereka. Hamster syrian adalah hamster soliter sehingga bagi pemelihara tidak perlu khwatir jika di dalam kandang mereka tidak memiliki teman sejenisnya.

Syrian hamster memiliki 4 jenis bulu yang berbeda diantaranya Shorthair, Longhair, Rex, dan Satin. Syrian Longhair adalah hewan yang indah namun hanya pejantan yang mengembangkan bulunya yang sangat panjang hingga 3 – 4cm. sebaliknya, syrian betina longhair hanya terlihat mengembang saja. Untuk syrian satin memiliki bulu yang mengkilap/glossy, ada beberapa yang menciptakan bulu mengkilap ultra. Untuk sepasang syrian satin sebaiknya tidak di besarkan bersama-sama karena akan menciptakan hamster tanpa bulu/botak. Dan untuk rex hamster ini memiliki ciri-ciri bulu keriting/ terlipat. berikut gambar jenis – jenis bulu syrian hamster :

Syrian Long Hair
Syrian Short Hair
Syrian Satin Black
Syrian Rex

Banyak warna dan pola yang di kembangkan pada hamster syrian, umumnya warna yang di kembangkan seperti warna golden, cinnamon, cream, sable, black, dan silver grey. Hamster Syrian juga di kembangkan dengan bulu yang bermotif seperti Banded, Dominant spot, Tortoiseshell, dan Roan.

Syrian Golden
Syrian Cinnamon
Syrian Cream
Syrian Sable
Syrian Black

Hamster syrian jika di pelihara memerlukan kandang yang besar karena mereka adalah hewan yang aktif dan membutuhkan ruang untuk bergerak bebas. Ukuran kandang minimum 75cm x 40cm x 40cm. Hasmter syrian adalah hewan omnivora, ini berarti mereka membutuhkan daging dan elemen sayur dalam diet mereka. Di alam liar mereka sesekali memakan serangga, rumput, dan biji-bijian. Untuk buah dan sayuran hamster syrian hanya di perbolehkan memakan brokoli, wortel, ketimun, apel, bunga kol, dan kubis.

Hamster Syrian mampu berkembang biak pada usia 4 mingguan, pada usia itu si jantan harus di pisah dari betinanya selama 3 – 4 minggu, syrian betina akan menunjukan dia siap kawin dengan berdiri terpaku dengan ekor dan pantat ke atas, jika si betina siap kawin dia akan berdiri untuk si jantan, jika tidak maka si betina akan menyerang si jantan. Masa kehamilan syrian sekitar 16 hari. Jika sudah melahirkan dan menyusui jangan sesekali mengganggu sang induk selama 2 minggu pertama, karena sang induk akan merasa terganggu dan stres lalu berakibat pada bayi-bayinya, bisa saja sang induk memakannya. yang di lakukan hanya mengganti makanan dan air dan tempatkan di tempat yang tenang dan nyaman. Sang induk akan terlihat over protective ketika kalian mencoba mengambil / hanya sekedar melihat. bayi-bayi syrian dapat tinggal bersama induknya selama 5 – 6 minggu. Syrian Hamster dapat bertahan hidup sekitar 2 tahun, meskipun beberapa hamster syrian dapat bertahan hidup lebih lama.

Menarik sekali yah mengetahui kehidupan hamster syrian, mereka lucu dan menarik.

Posted on 18 April 2013, in All and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: